Monday 29 February 2016

Penggunaan Sander/Mesin Pengampelas Cakram Orbital

Mesin Pengampelas cakram orbital biasanya digunakan untuk menghilangkan lapisan cat yang tidak terlalu tebal. Walau mungkin Mesin Pengampelas cakram orbital tampak serupa dengan Mesin Pengampelas cakram yang lebih besar, Mesin Pengampelas ini memiliki gerakan semi-lingkaran (orbital) 

Penggunaan Sander/Mesin Pengampelas Cakram Orbital
Gambar 1 : Mesin Pengamplas Cakram Orbital Bertekanan Udara

Penggunaan Sander/Mesin Pengampelas Cakram Orbital Listrik
Gambar 2 : Sander/Mesin Pengamplas Cakram Orbital Listrik

Keuntungan Penggunaan Mesin Pengampelas Cakram Orbital 
  1. Mesin Pengampelas cakram orbital lebih kecil dan lebih ringan daripada Mesin Pengampelas cakram yang lebih besar sehingga dapat digunakan pada tempat-tempat yang sulit serta dapat mengikuti bentuk permukaan lebih mudah. 
  2. Rotasi orbit Mesin Pengampelas membuat cakram tidak mudah tersendat dan menghasilkan permukaan yang lebih halus tanpa penggosokan berlebihan. 

Penggunaan Mesin Pengampelas Cakram Orbital 
Berat dan ukuran Mesin Pengampelas cakram orbital membuatnya mudah untuk digenggam. Satu tangan menggenggam pegangan dan mengoperasikan tuas, sedang tangan yang lain memegang mesin agar stabil. 

Pegang Mesin Pengampelas cakram orbital dengan kedua tangan dengan kuat. Nyalakan Mesin Pengampelas dan letakkan pada permukaan yang akan digosok. Jangan menekan terlalu keras. Gerakkan Mesin Pengampelas ke depan dan ke belakang. Jangan biarkan diam di satu tempat. 

Penggunaan Sander/Mesin Pengampelas Cakram Orbital
Gambar 3 : Penggunaan Mesin Pengamplas Cakram Orbital

Cakram Sanding 
Terdapat dua metode utama pemasangan cakram : 
  1. Cakram dengan bagian belakang yang memiliki perekat. 
  2. Cakram dengan bagian belakang velcro 
Cakram yang memiliki perekat di bagian belakangnya cepat dalam pemasangan untuk mengganti cakram yang aus. Cukup dengan melepas cakram yang lama dan lekatkan cakram yang baru. 
Cakram velcro menggunakan lapisan sikat nilon pada bagian belakangnya untuk melekatkan bantalan belakang velcro pada mesin, dan mudah dilepas dan dipasang kembali jika perlu. 

Hal-hal penting 
Dalam mengganti cakram abrasif pastikan lubang vakum pada cakram sesuai dengan lubang pada bantalan Sander. 

Keamanan 
  1. Debu yang timbul pada pengerjaan sanding dapat menyebabkan masalah kesehatan. Maka penting untuk menggunakan sistem penyedotan debu pada semua peralatan sanding listrik. 
  2. Gunakan selalu kacamata pelindung dan respirator. 
  3. Jangan berdiri di atas air saat menggunakan Mesin Pengampelas cakram orbital listrik. Jangan sampai ada terminal kabel yang tergeletak di air saat mengoperasikan Mesin Pengampelas. 
  4. Hindari benda runcing atau tajam karena dapat membuat Mesin Pengampelas tersangkut sehingga tertarik dari tangan anda dan menimbulkan kemungkinan terjadinya kecelakaan pada diri anda atau kerusakan pada pekerjaan perbaikan yang anda lakukan. 
  5. Matikan mesin jika mengganti bantalan cakram abrasif. 
Perawatan 
  1. Seka mesin dengan kain bersih setelah selesai dipakai. 
  2. Pada Mesin Pengampelas dengan tekanan udara, minyaki dengan pelumas menggunakan tangan pada lubang pelumas yang disediakan atau dengan alat pelumasan demi mencegah terjadinya keausan nok as. 
  3. Periksa kabel listrik dan pipa udara terhadap keausan/kerusakan. 
  4. Simpan alat di lemari atau rak.

No comments:

Post a Comment