Saturday 20 February 2016

Prosedur Penggunaan dan Pemeliharaan Kunci Pas

Kunci pas seperti open ended, ring dan socket biasanya disediakan dalam satu perangkat yang berisi kunci pas dengan berbagai ukuran yang berbeda.

Prosedur Penggunaan dan Pemeliharaan Kunci Pas
Gambar : Kunci Pas

Pemilihan Alat-Alat Yang Benar
Pemilihan alat-alat yang benar untuk melepaskan dan memasang kembali bagian-bagian/komponen-komponen sangatlah penting untuk dua alasan utama.
  1. Kerusakan bagian-bagian yang sedang dilepas dapat terjadi bila jenis dan ukuran alat yang digunakan tidak tepat. Ini dapat mengakibatkan penggantian alat menjadi mahal dan mengurangi keuntungan.
  2. Keselamatan – Kecelakaan dapat disebabkan oleh alat yang tidak tepat yang terlepas dari kepala baut.
Pemilihan Kunci Pas (Jenis dan Ukuran)
Menggunakan seperangkat kunci pas harus lurus ke depan, tetapi kurangnya standarisasi internasional menyebabkan penerapannya cukup sulit. Tiga system yang berbeda yang digunakan Australia untuk mengidentifikasi ukuran spanner, yaitu :
  1. Metrik
  2. A.F. American fine
  3. B.S.W. British Standard Whitworth
Spanner-spanner ini tidak dapat digantikan dengan spanner-spanner dari system lain, baut dan mur metrik memerlukan spanner metrik.
 
Mengidentifikasi System
Anda harus mengetahui tahun dan model kendaraan yang sedang anda kerjakan untuk menolong anda mengenal system-sistemnya. Anda dapat menganggap bahwa semua kendaraan motor baru yang dibuat Australia, diimport dari Jepang dan kendaraan Eropa menggunakan system metrik.

Mengidentifikasi Kunci Pas
Jenis dan ukuran kunci pas yang anda gunakan tercetak atau tertera pada kunci pas tersebut untuk memudahkan anda mengidentifikasinya.

Penyimpanan Alat
Alat-alat yang dibiarkan tergeletak di sekitar lantai bengkel dapat menjadi rusak dan tidak dapat dipakai lagi. Alat-alat harus disimpan di tempat yang aman seperti kotak alat, lemari atau digantung di dinding.

Prosedur Penggunaan dan Pemeliharaan Kunci Pas
Gambar : Penyimpanan Alat

Hal Penting
Bila menggunakan kunci pas untuk melepaskan mur atau baut sebaiknya tariklah kunci pas tersebut mengarah padamu. Dengan cara menarik bukan mendorong kunci pas tersebut, anda dapat mencegah kunci tersebut melukai tangan anda bila kunci pasnya terselip.

No comments:

Post a Comment