Monday 4 April 2016

Prosedur Penyetelan Katup Silinder

Penyetelan Katup
Penyetelan katup tidak diperlukan pada semua engine. Banyak engine dilengkapi dengan penumbuk hidrolik dan tidak perlu distel. Katup dengan penumbuk hidrolik akan menyetel dengan sendirinya.
Bila engine dilengkapi dengan mekanisme penyetel katup memerlukan penyetelan setelah kapala silinder dikencangkan ulang. Ini dikarenakan ketika kepala silinder dikencangkan ulang gasket kepala silinder terpencet dan kepala silinder lebih merapat terhadap blok, sehingga celah katup akan berubah.

Lihat gambar 1 yang menunjukkan komponen-komponen utama sebuah rangkaian dengan poros kam diatas kepala silinder (OHC =Over head Camshaft). 
 
Prosedur Penyetelan Katup Silinder
Gambar 1 : Komponen Utama Kepala Silinder

Cara :
Sebelum menyetel celah katup temukan dulu spesifikasinya dan urutan pengapian dari buku manual.
Ikuti prosedur pada buku manual untuk menyetel katup.
Cara sederhana dari penyetelan katup adalah, tulis urutan pengapian dan batasi pada tengah-tengahnya. Misal: 13/42. Karena putaran engine menaikan dan menurunkan piston no 1 dan no 4 secara bersama.

Pada saat sil 1 dan 4 dititik mati atas, Salah satu piston sedang melakukan akhir langkah kompresi dan piston yang lain akhir langkah buang dan awal langkah isap.
Setel katup-katup pada silinder yang sedang kompresi yang mana kedua katupnya pada posisi menutup.
Teruskan dengan memutar engine searah putaran kerja engine, perhatikan katup-katup pada silinder pada silinder selanjutnya yang katup buangnya akhir meutup dan katup masuknnya mulai membuka. Setel katup silinder yang berlawanan dalam tabel angka di atas. 
 
Prosedur Penyetelan Katup Silinder
Gambar 2 : Penyetelan Katup

Lakukan lagi pemutaran sampai semua katup tersetel. Setelah semua katup tersetel periksa kondisi rantai timming atau sabuk timming dan ganti jika retak atau tercemari oli.
Sabuk timming dan rantai timming diperiksa dengan seksama dan setel sesuai spesifikasi manual pabrik, yakinkan untuk perawatan engine cukup lama.
Kencangkan tutup tapet, star engine beri waktu engine menjadi panas sampai temperatur kerja, periksa kebocoran oli dan cairan pendingin. Jika tidak ada kebocoran berarti servis kepala silinder telah lengkap.

No comments:

Post a Comment